PengaruhPembelajaran BerbasisMasalahdanPembelajaran KooperatifTipeJigsawpadaMateriPokokProgramLinear DitinjaudariPrestasi BelajardanMinatBelajarMatematika SiswaSMANegeri1Kotabaru

Hamdani, Heri (2013) PengaruhPembelajaran BerbasisMasalahdanPembelajaran KooperatifTipeJigsawpadaMateriPokokProgramLinear DitinjaudariPrestasi BelajardanMinatBelajarMatematika SiswaSMANegeri1Kotabaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heri-hamdani-10709259015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan: 1)prestasibelajardan minatbelajarmatematikasiswa dikelaspembelajaranberbasismasalahdandi kelaspembelajaran kooperatiftipeJigsawpadamateripokokprogramlinear;2) keefektifan pembelajaranberbasismasalah padamateriprogramlinearditinjau dariprestasibelajarsiswa;3)keefektifanpembelajarankooperatiftipeJigsaw pada materi pokok program linear ditinjau dari prestasi belajar siswa; 4) perbedaankeefektifanpembelajaran berbasismasalahdenganpembelajaran kooperatiftipeJigsawterhadapprestasibelajardanminatbelajarmatematika siswapadamateripokok programlinear. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini mencakup seluruhkelasXIIIPASMANegeri1Kotabaru,KabupatenKotabaru. Dari populasiyangada,ditentukanduakelassecaraacaksebagaisampelpenelitian, yaitukelasXIIIPA1yangdiberiperlakukandenganpembelajaran berbasis masalah (PBM) dan kelas XII IPA 3 yang diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipeJigsaw.Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputi tesprestasi belajardanangketminatbelajarmatematikasiswa.Analisis datameliputistatistik ujisatusampeldigunakan untukmengetahui keefektifan PBMdanpembelajaran kooperatif tipeJigsawpadamasing-masingvariabelprestasibelajardanminat belajar matematika siswa. Analisis secara manova dengan statistik uji T2- Hottelingdigunakanuntukmelihatperbedaankeefektifan pembelajaran berbasis masalahdanpembelajaran kooperatiftipeJigsawditinjaudariprestasidanminat belajarmatematika. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1)pembelajaranberbasismasalah efektifditinjaudari prestasibelajardanminatbelajarmatematika siswa,(2) pembelajarankooperatif tipe Jigsaw efektif ditinjau dari prestasi belajar dan minatbelajarmatematika siswa,(3)pembelajaranberbasismasalahlebihefektif daripembelajaran kooperatiftipeJigsawditinjaudariprestasibelajar,dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sama efektifnya dengan pembelajaran berbasismasalahditinjaudariminatbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw,prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:15
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item