Hamdani, Heri (2013) PengaruhPembelajaran BerbasisMasalahdanPembelajaran KooperatifTipeJigsawpadaMateriPokokProgramLinear DitinjaudariPrestasi BelajardanMinatBelajarMatematika SiswaSMANegeri1Kotabaru. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-heri-hamdani-10709259015.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan: 1)prestasibelajardan minatbelajarmatematikasiswa dikelaspembelajaranberbasismasalahdandi kelaspembelajaran kooperatiftipeJigsawpadamateripokokprogramlinear;2) keefektifan pembelajaranberbasismasalah padamateriprogramlinearditinjau dariprestasibelajarsiswa;3)keefektifanpembelajarankooperatiftipeJigsaw pada materi pokok program linear ditinjau dari prestasi belajar siswa; 4) perbedaankeefektifanpembelajaran berbasismasalahdenganpembelajaran kooperatiftipeJigsawterhadapprestasibelajardanminatbelajarmatematika siswapadamateripokok programlinear. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini mencakup seluruhkelasXIIIPASMANegeri1Kotabaru,KabupatenKotabaru. Dari populasiyangada,ditentukanduakelassecaraacaksebagaisampelpenelitian, yaitukelasXIIIPA1yangdiberiperlakukandenganpembelajaran berbasis masalah (PBM) dan kelas XII IPA 3 yang diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipeJigsaw.Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputi tesprestasi belajardanangketminatbelajarmatematikasiswa.Analisis datameliputistatistik ujisatusampeldigunakan untukmengetahui keefektifan PBMdanpembelajaran kooperatif tipeJigsawpadamasing-masingvariabelprestasibelajardanminat belajar matematika siswa. Analisis secara manova dengan statistik uji T2- Hottelingdigunakanuntukmelihatperbedaankeefektifan pembelajaran berbasis masalahdanpembelajaran kooperatiftipeJigsawditinjaudariprestasidanminat belajarmatematika. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1)pembelajaranberbasismasalah efektifditinjaudari prestasibelajardanminatbelajarmatematika siswa,(2) pembelajarankooperatif tipe Jigsaw efektif ditinjau dari prestasi belajar dan minatbelajarmatematika siswa,(3)pembelajaranberbasismasalahlebihefektif daripembelajaran kooperatiftipeJigsawditinjaudariprestasibelajar,dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sama efektifnya dengan pembelajaran berbasismasalahditinjaudariminatbelajarmatematikasiswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw,prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 04:15 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |