PENERAPAN METODE KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA(RAB) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Muhammad Haris, Hasibuan (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA(RAB) DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN__METODE_KOOPERATIF_GROUP_INVESTIGATION__PADA_PEMBELAJARAN_RENCANA_ANGGARAN_BIAYA_(RAB)_DALAM_UPAYA_PENINGKATAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA_KELAS_XI_TEKNIK_KONSTRUKSI_BATU_DAN_BETON_DI_SMK_NEGERI_2_WONOSARI.PDF

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode Group Investigation terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas, yaitu metode Group Investigation dan variabel terikat, yaitu Prestasi belajar terhadap mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB). Desain dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah populasi terbatas yaitu seluruh siswa kelas XI Teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Wonosari berjumlah 30 siswa, yang terbagi dalam 15 siswa yang menjadi kelompok eksperimen dari kelas rombel A serta 15 siswa menjadi kelompok kontrol dari kelas rombel B Pengambilan data menggunakan tes prestasi belajar Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang berupa pre-test dan post-test. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test dan independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Kooperatif Group Investigation lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB). Hal ini dapat terlihat pada peningkatan nilai rata-rata pada Post-test pada kelas eksperimen (89,00) lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelompok kontrol (68,33) sehingga terdapat perbedaan yang positif dan signifikan dengan dengan p < 0.05. Dengan demikian metode Kooperatif Group Investigation efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Rencana Anggaran Biaya (RAB) siswa kelas XI Teknik konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Wonosari. Kata kunci : Pendekatan Kooperatif Group investigation , Pembelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB)�

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item View Item