UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP KARAKTERISTIK SENSOR DAN TRANSDUSER SISWA DENGAN METODE NHT (Numbered Heads Together) DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Tri Noorbudi, Wibowo (2014) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP KARAKTERISTIK SENSOR DAN TRANSDUSER SISWA DENGAN METODE NHT (Numbered Heads Together) DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan (2) mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep karakteristik sensor dan transduser peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TAV 2 SMK N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah sebanyak 36 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan test untuk aspek pemahaman konsep dan lembar observasi untuk aspek keaktifan siswa yang memiliki 10 sub indikator keaktifan. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil peneitian diketahui bahwa: (1) pada siklus 1 pertemuan 1 sebanyak 6% siswa berada pada kriteria keaktifan sangat rendah, 47% siswa pada kriteria keaktifan rendah dan 47% siswa pada kriteria keaktifan tinggi, rata-rata keaktifan siswa hanya 53% dan semua sub indikator keaktifan belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan 75%. Pada siklus 1 pertemuan 2 keaktifan siswa meningkat, sebanyak 3% siswa berada pada kriteria keaktifan rendah, 61% siswa pada kriteria keaktifan tinggi dan 36% siswa pada kriteria keaktifan sangat tinggi, rata-rata keaktifan siswa 71,78%, ada 2 sub indikator yang telah melebihi 75% namun 8 lainnya masih berada di bawahnya. Pada siklus 2 keaktifan siswa kembali meningkat, sebanyak 22% siswa berada pada kriteria keaktifan tinggi dan 78% siswa pada kriteria keaktifan sangat tinggi, rata-rata keaktifan siswa menjadi 83,28% dan semua sub indikator keaktifan telah melebihi 75%. (2) pemahaman konsep siswa dari hasil pre-test hanya mencapai nilai rata-rata 67,71 meningkat pada post-test siklus 1 menjadi 83,35, namun masih ada 7 siswa yang belum tuntas, kemudian pemahaman konsep siswa meningkat kembali pada post-test siklus 2 menjadi 87,32 dan semua siswa telah tuntas yaitu melebihi KKM 76. Semua kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai pada siklus 2 sehingga penelitian dan tindakan dihentikan pada siklus 2. Kata kunci: NHT, Test, Observasi, Keaktifan, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 31 Oct 2014 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item