PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG

Dewi, Susanti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10520249001_ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kayuagung menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Kayuagung, dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket respon siswa, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75.00 % peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Kayuagung Sumatera Selatan. Rata-rata keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa pada pra siklus hanya mencapai 55,71 %. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa mencapai 69,95 % dan pada siklus II meningkat menjadi 78,93 %. Rata-rata pengisian angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tiap indikator keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 90.76 % dan pada siklus II meningkat menjadi 91,24 %. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian diterima. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan keaktifan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 15 Oct 2014 03:41
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item