Fahrurrozi, Fahrurrozi (2013) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan GI terhadap Prestasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Masbagik, Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
abstrak-fahrurrozi.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, 2) pengaruh PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, dan 3) perbandingan keefektifan PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI ditinjau dari prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Masbagik, Lombok Timur, NTB. Sampel penelitian diambil secara acak dengan 2 langkah: 1) memilih secara acak tiga kelas dari enam kelas yang ada, dan 2) memilih kelas secara acak untuk diterapkan PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD, PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe GI, dan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional dan tes prestasi belajar. Data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% untuk pengujian kesamaan rata-rata kelompok dan ditindak lanjuti dengan analisis univariat pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui pengaruh PBM) dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa dan untuk mengetahui perbandingan keefektifan PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI ditinjau dari prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, dan 2) PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh terhadap prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, dan 3) PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe GI ditinjau dari prestasi belajar dan kecerdasan emosional siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD, PBM dalam setting pembelajaran kooperatif tipe GI, prestasi belajar , kecerdasan emosional siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 12:57 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |