TINGKAT KESIAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MENGAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Arrizal, Faizin (2014) TINGKAT KESIAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MENGAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3_Abstrak Skripsi_Indonesia.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesiapan kompetensi pedagogik guru mengajar mata pelajaran dasar-dasar elektronika dengan Kurikulum 2013 meliputi aspek pemahaman terhadap peserta didik, aspek persiapan mengajar, aspek pelaksanaan proses belajar mengajar, aspek evaluasi pembelajaran. Populasi penelitian adalah guru mata pelajaran dasar-dasar elektronika dan peserta didik kelas X Bidang Keahlian Teknik Audio Video. Objek penelitian yaitu tingkat kesiapan kompetensi pedagogik guru mengajar mata pelajaran dasar-dasar elektronika dengan Kurikulum 2013 pada aspek pemahaman terhadap peserta didik, aspek persiapan mengajar, aspek pelaksanaan proses belajar mengajar, aspek evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Responden guru sebanyak dua orang. Pengambilan sampel peserta didik dengan teknik proporsional random sampilng yaitu sebanyak 40 peserta didik. Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan dinyatakan valid. Koefisien reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan reliabel yaitu pada aspek pelaksanaan PBM ( 0,890), sedangkan pada aspek evaluasi pembelajaran (0,825). Pengkategorian hasil menggunakan perhitungan distribusi frekuensi dan skala kecenderungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan kompetensi pedagogik guru mengajar mata pelajaran dasar-dasar elektronika dengan Kurikulum 2013 pada aspek pemahaman peserta didik dalam kategori “Baik” yaitu 83,33%, pada aspek persiapan mengajar dalam kategori “Cukup Baik” yaitu 74,5%, pada aspek pelaksanaan PBM dalam kategori “Sangat Baik” yaitu 75%, pada aspek evaluasi pembelajaran dalam kategori “Sangat Baik” yaitu 70%. Kata kunci: tingkat kesiapan, kompetensi pedagogik guru mengajar, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Sep 2014 04:09
Last Modified: 29 Jan 2019 18:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item