PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KAMUS COMMAND LINE (FYCOMM) SEBAGAI MEDIA BANTU BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Afied, Hutomo (2014) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KAMUS COMMAND LINE (FYCOMM) SEBAGAI MEDIA BANTU BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak bernama FYComm. FYComm merupakan aplikasi kamus command line berbasis android sebagai media bantu belajar siswa SMK Negeri 1 Bantul kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini fokus pada proses perancangan sistem dan pengujian unjuk kerja sistem perangkat lunak pada aspek functionality, efficiency, usability, dan portability. Perangkat lunak hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa SMK Negeri 1 Bantul kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan untuk memahami materi pelajaran yang berkaitan dengan pengoperasian sistem operasi Linux berbasis command line. Proses rekayasa perangkat lunak ini menggunakan waterfall process model sebagai model proses pengembangan perangkat lunak. Tahapan pengujian pada penelitian ini dilakukan dalam rangka melakukan verification and validation (V&V) pada perangkat lunak. Proses verification perangkat lunak dilakukan dengan pengujian white box testing yang dilakukan dengan metode basis path testing. Proses validation dilakukan dengan black box testing, alpha testing dan uji materi. Berdasarkan hasil penelitian pada perangkat lunak yang dikembangkan menunjukkan hasil : 1) perancangan Aplikasi android kamus command line (Fycomm) sebagai media bantu belajar siswa SMK Negeri 1 Bantul Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan telah melalui serangkaian proses rekayasa perangkat lunak dari desain hingga pengujian telah sesuai dengan spesifikasi; dan 2) unjuk kerja dari Aplikasi android kamus command line sebagai media bantu belajar siswa SMK Negeri 1 Bantul Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan secara keseluruhan masuk dalam kategori “sangat layak” dengan rincian hasil uji per faktor : functionality sebesar 89.9%, efficiency sebesar 91.11%, usability sebesar 86.67%, dan portability sebesar 100%. Kata Kunci : aplikasi, kamus, command line, android, functionality, efficiency, usability, portability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 22 Sep 2014 03:08
Last Modified: 22 Sep 2014 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item