PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI PEKERJAAN DAN BERFIKIR KREATIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Bayu Aji, Kurniawan (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI PEKERJAAN DAN BERFIKIR KREATIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga, informasi pekerjaan dan berfikir kreatif terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Elektronika Industri di SMK Muhammadiyah Prambanan, (2) faktor mana yang lebih dominan berpengaruh antara lingkungan keluarga, informasi pekerjaan dan berfikir kreatif terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Elekttronika Industri di SMK Muhammadiyah prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjeknya siswa kelas XII Teknik Elektronika Industri sejumlah 38 siswa. Data diambil menggunakan metode angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi Product Moment dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi ganda 3 prediktor pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga, informasi pekerjaan dan berfikir kreatif terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII Elekttronika Industri di SMK Muhammadiyah prambanan. Hal ini ditunjukan dengan koefisien r = 0, 944, r hitung lebih besar dari r tabel (0,454 > 0,325) dan ditunjukan dengan persamaan Y = -12,248 + 0,802X1 - 0,314X2 + 0,293 X3; (2) faktor yang lebih dominan berpengaruh terhadap minat berwirausaha adalah lingkungan keluarga. Hal ini berdasarkan sumbangan relatif (SR) yang diperoleh dari lingkungan keluarga sebesar 76,3 %, informasi pekerjaan 7 % dan berfikir kreatif 16,7 %. Sedangkan besarnya sumbangan efektif (SE) adalah 89,1 % dengan rincian lingkungan keluarga 68 %, informasi pekerjaan 6,2 % dan berfikir kreatif 14,9 %. Kata kunci: lingkungan keluarga, infromasi pekerjaan, berfikir kreatif, minat berwirausaha.  

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2014 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item