PENGARUH SARANA BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Nugroho Afri, Hartanto (2014) PENGARUH SARANA BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENGARUH SARANA BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Pengaruh Sarana Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah 1038 siswa, dengan sampel penelitian berjumlah 270 siswa yang diambil secara acak. Ujicoba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas XII Teknik Audio-Video. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner atau angket dengan menggunakan skala likert. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yang sebelumnya telah dilakukan judgement expert dan uji empirik dengan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpa Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasayarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 20.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana belajar dan prestasi belajar, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,467 dan thitung> ttabel (8,636 > 1,960) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 18,47907%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) 0,353 sebesar dan thitung> ttabel (6,175 > 1,960) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 8,22093%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana belajar dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2013/2014, hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,267 dan Fhitung>Ftabel (48,722 > 3,04) pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan efektif 26,70%. Kata kunci: sarana belajar, kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Sep 2014 08:29
Last Modified: 29 Jan 2019 18:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item View Item