Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru Matematika SMA di Kabupaten Ngada, NTT

Madu, Aleksius (2013) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru Matematika SMA di Kabupaten Ngada, NTT. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Aleksius-Madu.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara: (1) kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan komunikasi interpersonal dengan kinerja guru matematika SMA; (2) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru matematika SMA; (3) motivasi kerja guru dengan kinerja guru matematika SMA; (4) komunikasi interpersonal dengan kinerja guru matematika SMA di Kabupaten Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif-korelasional dengan teknik analisis linear berganda. penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – April 2013. Populasi penelitian ini seluruh guru SMA dan Kepala Sekolah di Kabupaten Ngada dengan sampel sebanyak 50. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Bukti validitas ahli dan uji coba terhadap 25 responden di Kabupaten Manggarai. Sedangkan estimasi reliabilitas menggunakan rumus Alpha-Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara: (1) kepemimpinan kepala sekolah (X1), motivasi kerja guru (X2), dan komunikasi interpersonal (X3) dengan kinerja guru matematika SMA (Y), dengan korelasi yang diperoleh sebesar 0,889 atau 80,7% dengan model regresi (Y ) ̂= 59,840+0,084X_1+0,377X_2+ 0,799X_3; (2) kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru matematika SMA, dengan korelasi sebesar 0,746 atau 55,6% serta korelasi murninya sebesar 0,399 atau 39,9%; (3) motivasi kerja guru dengan kinerja guru matematika SMA, dengan korelasi sebesar 0,622 atau 38,7% serta korelasi murninya sebesar 0,384 atau 38,4%; dan (4) komunikasi interpersonal dengan kinerja guru matematika SMA, dengan kontribusi sebesar 0,741 atau 54,9% dan korelasi murninya sebesar 0, 685 atau 68,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item