Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate

Afandi, Ahmad (2013) Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Siswa SMP Negeri 2 Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Ahmad-Afandi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan pendekatan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan representasi multipel matematis. Penelitian ini juga mendeskripsikan perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan representasi multipel matematis pada siswa SMP Negeri 2 KotaTernate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri atas dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Sampel ditentukan secara acak dengan mengundi 2 kelas dari 8 kelas VII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas VII2 sebagai kelas dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa kelas VII4 sebagai kelas dengan pendekatan open ended. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang terdiri atas soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan representasi multipel matematis. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan open-ended dan inkuiri terbimbing pada variabel kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan representasi multipel matematis digunakan uji one samples t-test. Selanjutnya dilakukan uji Mancova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua kelompok, dan dilanjutkan dengan uji lanjut yaitu uji Fisher Hayter untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan open-ended dan pendekatan inkuiri terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan representasi multipel matematis siswa. Selain itu, hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended tidak lebih efektif dari pendekatan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan pendekatan open-ended lebih efektif dari pendekatan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan representasi multipel matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 21 Mar 2017 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item