Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini

Roziqoh, Roziqoh (2013) Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-roziqoh-11704259015.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini di Early Childhood Care and Development Resource Centre (ECCD-RC) Yogyakarta, (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini, dan (3) hasil dari pelaksanaan pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini di ECCD-RC Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Subjek penelitian adalah direktur yayasan, kepala sekolah, edukator, peserta didik KB, TK, dan Pra SD ECCD-RC. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan cara trianggulasi, memperpanjang waktu penelitian, pengamatan terus menerus dan melalui pengecekan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan berperspektif gender di ECCD-RC Yogyakarta dapat dilihat melalui, (a) kurikulum yang dikembangkan, yaitu kurikulum yang inklusi dan sensitive gender (b) perencanaan pendidikan yang melibatkan peserta didik melalui diskusi yang disebut dengan Webbing awal (c) pelaksanaan pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini dilaksanakan melalui pembiasaan, keteladanan, dan bermain yang tidak diskriminatif: yaitu tidak membeda-bedakan jenis dan media mainan untuk anak laki-laki dan anak perempuan (d) evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu: evaluasi harian dan evaluasi tiga bulanan melalui portopolio dalam bentuk narasi yang dilengkapi dengan kekuatan&minat, kebutuhan dan rekomendasi (2) faktor pendukung pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini yaitu: Peserta didik masih bebas stereotype, pendidikyang menghargai keragaman, proses pembelajaran yang tidak diskriminatif, kelengkapan instrumen penilaian, dan kerjasama yang baik antara pendidik dan orang tua. Adapun faktor penghambat yaitu: keterbatasan SDM, sarana pra sarana yang belum 100 % ramah dan aman untuk anak, orang tua pendidik memiliki pandangan yang berbeda dengan ECCD-RC, dan minimnya waktu interaksi anak di ECCD-RC Yogyakarta. (3) Hasil dari pelaksanaan pendidikan berperspektif gender dapat dilihat dari : interaksi peserta dengan pendidik, dan interaksi antar peserta didik. Melalui empat aspek analisis gender, yaitu akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, gender, anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11257

Actions (login required)

View Item View Item