Pengaruh Kerjasama antara Pendidik dan Orangtua terhadap Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak di PPAUD Nusa Indah Bumirejo

Kusniapuantari, Daning (2013) Pengaruh Kerjasama antara Pendidik dan Orangtua terhadap Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak di PPAUD Nusa Indah Bumirejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-daning-kusniapuantari-11704259010.swf

Download (142MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pengasuhan pendidik terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak di PPAUD Nusa Indah, (2) mengetahui pengaruh pengasuhan orangtua terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak di PPAUD Nusa Indah, dan (3) mengetahui pengaruh kerjasama antara pendidik dan orangtua terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak di PPAUD Nusa Indah Bumirejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Ex- post Facto, dengan variabel dependen (Y) adalah kecerdasan emosional anak, variabel independen (X1 dan X2), X1 adalah pengasuhan pendidik dan X2 adalah pengasuhan orangtua.Populasi penelitian adalah seluruh anak, orangtua dan pendidik di PPAUD pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah anak PPAUD Nusa Indah Bumirejo dengan responden sebanyak 30 anak yang diambil berdasar nutrisi/satus gizi anak, orangtua anak PPAUD Nusa Indah sebanyak 30 orang, pendidik sebanyak 10 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Tahap penelitian adalah observasi pendahuluan dan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen, pelaksanaan penelitian meliputi validitas dan reliabilitas instrumen dan pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket untuk pendidik dan orangtua, lembar observasi secara cheklist terhadap anak. Tahap analisis data secara deskriptif dan secara statistik menggunakan metode analisis regresi linier ganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t, dengan taraf signifikan 0,05. Hasil persamaan regresi linier adalah: Y’ = -126,612 + 0,845X1 + 0,864X2.Hasil ini menunjukkan bahwa: (1) pengasuhan pendidik berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional anak bila dilakukan bersama dengan orangtua, ditunjukkan dari hasil analisis regresi linier sebesar 0,845; (2) pengasuhan orangtua berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak ditunjukkan hasil analisis regresi linier sebesar 0,864;(3)kerjasama pengasuhan pendidik dan orangtua secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional anak ditunjukkan dari hasil uji Fsig. 0,000 dan sumbangan pengaruhnya sebesar 73,4 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kecerdasan emosi, pengasuhan pendidik, pengasuhan orangtua, kerjasama pendidik dan orangtua
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item