Upaya Membudayakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Untuk Menjamin Terwujudnya Guru Profesional.

Sukir, Drs., M. T. (2012) Upaya Membudayakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Untuk Menjamin Terwujudnya Guru Profesional. In: Proseding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia Ke-7 Tahun 2012 , 31 Oktober s.d 3 November 2012, Ambarukmo Palace Hotel Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Upaya membudayakan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk menjamin terwujudnya guru profesional_Semnas Konaspi VII oleh Sukir_20.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan guru yang berkualitas salah satu diantaranya adalah masih dijumpai guru yang lulus sertifikasi guru sehingga mendapat sebutan guru profesional, namun kompetensi dan kinerjanya belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penyebab permasalahan tersebut salah satu diantaranya adalah guru belum melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Permasalahan lebih lanjut muncul, jika guru mengandalkan untuk mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan propinsi, atau Dinas Pendidikan kabupaten atau kota, maka peluangnya sangat terbatas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka guru perlu melakukan upaya untuk membudayakan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan dukungan niat yang kuat dari diri dan lingkungan sekolah. Upaya untuk membudayakan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru antara lain guru terintegrasi dalam jejaring internet sehingga guru dapat belajar menggunakan sumber belajar, melakukan kolaborasi dan interaksi antar guru atau kepada pihak lain, dan mengkomunikasikan ide secara tertulis maupun menggunakan multi media tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Kegiatan tersebut dilakukan secara ajeg dan konsisten sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang dilakukan oleh guru tersebut digunakan untuk menunjang tugas guru sehari-hari, maka lama-kelaman hal tersebut akan melekat pada diri guru sehingga menjadi budaya atau kultur. Kata kunci: membudayakan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan guru profesional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:53
Last Modified: 22 Aug 2014 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item