Pengembangan Robot Pemilih dan Penata Barang Berbasis PLC Sebagai Sarana Praktik Otomasi di SMK.

Sukir, Drs., M. T. (2012) Pengembangan Robot Pemilih dan Penata Barang Berbasis PLC Sebagai Sarana Praktik Otomasi di SMK. In: Proseding Seminar Nasional Optimasi Penelitian dan Pengabdian dalam Membangun Insan Berkarakter. LPPM UNY & MPPI. I1 s.d 12 Mei 2012. ISSN: 978-979-562-024-2, 11 Mei 2012, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pengembangan robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik otomasi di SMK_Semnas LPPM UNY oleh Sukir dan Sigit_19.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Menghasilkan prototipe robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat Otomasi di SMK; dan (2) Mendapatkan uji kinerja yang baik dari robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat Otomasi di SMK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada Sugiyono (2006) yang secara garis besar terdiri atas analisis kebutuhan, perancangan, pembuatan atau implementasi, pengujian dan validasi, perbaikan dan perapihan. Untuk memperoleh data dilakukan dengan observasi. Data dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan prototipe robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat Otomasi di SMK berupa lengan robot yang terbentuk oleh link 0, link 1, link 2, link 3, link 4 dan end efector, yang bekerjanya dikendalikan oleh PLC; dan (2) Diperoleh kinerja robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat Otomasi di SMK antara lain sebagai berikut: (a) Berdasarkan hasil pengujian deskripsi kerja dan lokasi penempatan barang menunjukkan bahwa prototipe robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat otomasi di SMK mempunyai kinerja yang baik yang ditunjukkan oleh deskripsi kerja yang sesuai dengan perencanaan dan penempatan barang pada lokasi yang tepat; dan (b) Berdasarkan pengamatan oleh ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan robot pemilih dan penata barang berbasis PLC sebagai sarana praktik mata diklat Otomasi di SMK, diperoleh skor rata-rata total sebesar 2,95 yang masuk dalam kategori baik. Kata kunci: robot, PLC, dan sarana praktik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:52
Last Modified: 22 Aug 2014 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item