Pengembangan Model Sertifikasi Kompetensi Guru SMK Bidang Instalasi Listrik.

Sukir, Drs., M. T. (2010) Pengembangan Model Sertifikasi Kompetensi Guru SMK Bidang Instalasi Listrik. In: Proseding Seminar Internasional Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi Di Indonesia. APTEKINDO & UNDIKSA, 30 April 2010. ISSN: 1907-2066., 30 April 2010, UNDIKSA Bali.

[img]
Preview
Text
Pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK bidang instalasi listrik_Seminternasional_Aptekindo Bali oleh Sukir dan Imam_18.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan model sertifikasi kompetensi guru SMK bidang instalasi listrik yang tervalidasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang dalam penelitian ini dibatasi pada tahap identifikasi dan pengkajian potensi serta masalah, perancangan model, validasi terhadap rancangan model dan revisi terhadap rancangan model. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara, meminta pendapat lewat angket, observasi dan dokumentasi. Untuk memvalidasi model dimintakan pendapat kepada guru SMK Jurusan Listrik di DIY dan Jawa Tengah serta dosen PT Elektro FT UNY yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data antara lain pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Melalui langkah-langkah yang ditempuh dalam Research and Development model sertifikasi kompetensi guru bidang instalasi listrik, maka diperoleh Model III sebagai model sertifikasi kompetensi guru SMK bidang instalasi listrik tervalidasi karena mendapat persetujuan responden terbesar yakni 60,97 % dibanding dengan model lainnya. Kata kunci : pengembangan model, sertifikasi kompetensi guru SMK dan instalasi listrik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:54
Last Modified: 22 Aug 2014 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item