PENGEMBANGAN MODEL SERTIFIKASI KOMPETENSI GURU SMK DENGAN MELIBATKAN KOLABORASI LPTK DAN LSP.

Sukir, Drs., M. T. (2008) PENGEMBANGAN MODEL SERTIFIKASI KOMPETENSI GURU SMK DENGAN MELIBATKAN KOLABORASI LPTK DAN LSP. In: Proseding Seminar Internasional Optimasi Pendidikan Kejuruan dalam Pembangunan SDM Nasional, ISSN: 1907-2066, 5 Juni 2008, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
Pengembangan model sertifikasi guru SMK berkolaborasi LPTK dan LSP_Seminar internasional Aptekindo oleh Sukir_13.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan model sertifikasi kompetensi guru dengan melibatkan penilaian portofolio, masih memiliki permasalahan seperti permasalahan validitas apakah guru yang lulus penilaian portofolio mencerminkan kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial yang sebenarnya. Hal demikian menunjukkan bahwa model sertifikasi kompetensi guru masih perlu untuk dikembangkan. Tujuan yang dicanangkan adalah mendapatkan rancangan pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK dengan melibatkan kolaborasi LPTK dan LSP. Untuk mendapatkan rancangan pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK dengan melibatkan kolaborasi LPTK dan LSP dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data pendukung dan brainstorming perancangan pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK. Dalam melakukan brainstorming perancangan pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK mengikutsertakan beberapa nara sumber yang berpengalaman dalam kegiatan sertifikasi kompetensi guru SMK dan asesor Lembaga Serifikasi Profesi (LSP). Berdasarkan langkah-langkah tersebut, telah diperoleh rancangan empat pengembangan model sertifikasi kompetensi guru SMK dengan melibatkan kolaborasi LPTK dan LSP antara lain Model I dengan urutan prosedur seperti ditunjukkan pada Gambar 1, Model II dengan urutan prosedur seperti ditunjukkan pada Gambar 2, Model III dengan urutan prosedur seperti ditunjukkan pada Gambar 3 dan Model IV dengan urutan prosedur seperti ditunjukkan pada Gambar 4. Kolaborasi antara LPTK dan LSP diterapkan pada kegiatan pelatihan kompetensi profesional (keteknikan) dan pelatihan kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial serta try out uji kompetensi profesional (keteknikan) dan try out uji kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial. Sedangkan pada kegiatan uji kompetensi guru SMK bidang profesional (keteknikan) dilakukan oleh LSP keteknikan dan uji kompetensi guru SMK bidang pedagogik, kepribadian dan sosial dilakukan oleh LSP kependidikan. Keywords: pengembangan model, sertifikasi kompetensi guru, kolaborasi LPTK dan LSP.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, sertifikasi kompetensi guru, kolaborasi LPTK dan LSP.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:56
Last Modified: 11 Sep 2014 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item