Erifiani, Benny (2013) KeefektifanTeam TeachingPendidik Program PendidikandanPengembanganAnakUsiaDini (PPAUD) di KabupatenKulonProgo. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-benny-eriviani-11704259009.swf Download (70MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1) keefektifan:pemahamanpendidik program PPAUD tentangteam teaching,perencanaanteam teaching,pelaksanaanteam teaching,danevaluasiteam teaching; 2)hasil team teaching; dan 3)factor pendukungdanpenghambatkeefektifanteam teaching pendidik Program PendidikandanPengembanganAnakUsiaDini (PPAUD) di KabupatenKulonProgo. Penelitianinimerupakanpenelitianevaluasidenganpendekatankualitatifdankuantitatif.Model evaluasi yang digunakanadalahlogic models.Subjekpenelitianiniadalah 80 orang pendidik program PPAUD tahaptiga di KabupatenKulonProgodengansampelsebanyak 65 orang dengantigalembagayaitu TPK Fitrahsari 1, TPK Tunas Harapan, dan TPK Al Hidayah.Instrumenpengumpulan data adalahlembarkuesioneruntukpendidik, lembarobservasiuntuklembaga, pedomanwawancarauntukorangtuadanpengelola.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahstudidokumen, kuesioner, observasi, danwawancara.Teknikanalisis datayang digunakanadalahanalisisdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkansebagaiberikut: 1) pemahamanpendidik program PPAUD tentangteam teachingsangatefektifdenganskor1, 52 atau 89%; 2) perencanaanteam teachingpendidikmemperolehhasilsangatefektifdenganskor 2,79atau93%; 3) pelaksanaanteam teachingdilakukandengansangatefektifdenganskor2,91atau97,1%; 4) evaluasiteam teachingberjalandengansangatefektifdenganskor 2,28 atau99,3; 5) teamteachingmemberikanhasilpositifterhadappesertadidikdalampersepsipengeloladanorangtua; 6) factorpendukungteam teachingmeliputi: a) imbanganataurasiojumlahpesertadidikdanjumlahpendidikdalamsatulembaga, b) ketersediaansaranadanprasarana di lembaga, c)rekanpendidik yang terbukadanmempunyai rasa kerjasama, d) ketercapaiantumbuhkembanganak yang optimal, e) proses administrasi yang lebihmemudahkandanlebihlengkap, f) bertambahnyakemampuanpendidikkarenainteraksidankerjasama yang merekabangun. Adapun factor penghambatteam teachingmeliputi: a)jumlahpendidiksedikitjaditidakmemungkinkan di bagikedalamtimpendidik, b) fasilitasatausaranaprasarana yang terbatas.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, team teaching, PAUD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2014 05:24 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |