Keefektifan Metode Problem-Based Learning pada Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMP N 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta

Nurjanah, Siti (2013) Keefektifan Metode Problem-Based Learning pada Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMP N 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nurjanah-11705251005.swf

Download (100MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keefektifan metode PBL dibandingkan dengan metode ceramah dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS peserta didik, 2) mengetahui hasil belajar IPS peserta didik pada kelompok motivasi tinggi dan rendah yang belajar dengan metode PBL dan hasil belajar IPS peserta didik pada kelompok motivasi tinggi dan rendah yang belajar dengan metode ceramah dan, 3) menganalisis interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar IPS peserta didik di SMP Negeri 1 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest and postest group design dengan analisis faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Jetis Bantul. Sampel penelitian dua kelas yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling dengan jumlah 60 peserta didik yang ditentukan dari seluruh kelas VII dengan perlakuan kelas VIIF dengan metode PBL dan kelas VIID dengan metode ceramah. Data diperoleh dengan: (1) tes, untuk mengukur hasil belajar IPS, dan (2) angket dengan skala Likert untuk menggolongkan motivasi peserta didik tinggi dan motivasi peserta didik rendah. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data dengan α=0,05 kesimpulannya adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar IPS peserta didik dengan metode PBL lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS peserta didik yang belajar dengan metode ceramah F0= 5.50>Ftab=4.00); (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS peserta didik pada kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah yang belajar dengan metode PBL dan yang belajar dengan metode ceramah F0= 19.12>Ftab=4.00); (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPS peserta didik (F0:5.09>Ftab:4.00).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, motivasi dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 08 May 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item