Keefektifan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah I Moyudan dan Minggir, Sleman, Yogyakarta

Samingan, Samingan (2013) Keefektifan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah I Moyudan dan Minggir, Sleman, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-samingan-10705251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media lingkungan sekitar dan menggunakan media konvensional, 2) perbedaan hasil belajar antara siswa dengan modernitas tinggi dan siswa dengan modernitas rendah, dan 3) interaksi pengaruh media pembelajaran dan modernitas individu terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan design faktorial 2× 2. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa, yaitu 20 siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah I Moyudan sebagai kelas eksperimen dan untuk 20 siswa kelas 2 SMP Muhammadiyah I Minggir sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket untuk modernitas individu. Tes hasil belajar dan angket modernitas individu divalidasi dengan meminta pendapat ahli dan uji coba lapangan. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan teknik korelasi ANAVA 2×2 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar pada siswa yang menggunakan media lingkungan sekitar lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan media konvensional (8,95 > 5,10) dengan α = 0,001 < 0,05; 2) hasil belajar pada siswa pada kelompok modernitas tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa pada kelompok modernitas rendah (8,22 > 5,55) dengan α = 0,037 < 0,05; 3) ada interaksi pengaruh antara media pembelajaran dan modernitas individu terhadap hasil belajar siswa dengan α = 0,000. Dengan demikian media lingkungan sekitar sangat efektif untuk pembelajaran IPS pada siswa dengan modernitas tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media lingkungan sekitar, media konvensional, hasil belajar, modernitas individu
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 08 May 2019 15:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11210

Actions (login required)

View Item View Item