Evaluasi Keefektifan Kelompok Kerja Guru (KKG) pada Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Wartoni, Wartoni (2013) Evaluasi Keefektifan Kelompok Kerja Guru (KKG) pada Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wartoni-11701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang: (1) kondisi kelompok kerrja guru (KKG), (2) proses pelaksanaan program kerja KKG, dan (3) peran KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru di kabupaten Batang Jawa Tengah. Hasil penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi diskrepansi yang di kembangkan oleh Provus dengan pendekatan kuantitatif survei. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, panduan observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta KKG di kabupaten Batang Jawa Tengah dengan sampel sebanyak 183 guru yang diambil berdasarkan stratifikasi kelompok secara acak. Analisis hasil uji coba penelitian dilakukan dengan teknik analisis faktor, sedangkan analisis data penelitian dilakukan dengan teknik statistik deskriptif persentase dan hasil yang diperoleh dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi (KKG) di kabupaten Batang, Jawa Tengah dikategorikan baik, (2) kondisi sarana dan prasarana dikategorikan baik dan mendukung proses pelaksanaan kegiatan KKG di kabupaten Batang Jawa Tengah, (3) kondisi organisasi dikategorikan baik dan program telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya, (4) peran kelompok kerja guru di kabupaten Batang Jawa Tengah dalam meningkatkan dan mengembangkan profesional guru dikategorikan baik, dan (5) produk KKG menunjukkan bahwa kompetensi guru dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kelompok kerja guru (KKG), Profesional, BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 18 Jul 2022 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item