Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 5 Mataram Nusa Tenggara Barat

Firman, Wahyul (2013) Evaluasi Implementasi Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 5 Mataram Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyul firman-11701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 5 Mataram Nusa Tenggara Barat, mencakup (1) mendeskripsikan tingkat ketercapaian RSBI di SMA Negeri 5 Mataram mengacu pada delapan standar RSBI yaitu standar pengelolaan, standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana dan standar pembiayaan, (2) mendeskripsikan berbagai hambatan dalam implementasi standar RSBI di SMA Negeri 5 Mataram, dan (3) merumuskan strategi pencapaian SBI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan model evaluasi Discrepancy (kesenjangan). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Mataram Nusa Tenggara Barat. Subjek Penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, wakil kepala sekolah kesiswaan, wakil kepala sekolah sarana prasarana, bendahara sekolah, guru dan siswa SMA Negeri 5 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat ketercapaian RSBI di SMA Negeri 5 Mataram di lihat dari delapan standar RSBI sampai saat ini baru mencapai 75%, dengan tingkat ketercapaian pada standar pengelolaan 90%, standar isi 63%, standar kompetensi lulusan 51%, standar proses 84%, standar penilaian 86%, standar pendidik dan kependidikan 78%, standar sarana prasarana 82% dan standar pembiayaan 63%, hal itu menunjukkan terjadi kesenjangan pada penyelenggaraan RSBI, (2) hambatan yang dihadapi adalah masih terkendala rendahnya SDM sekolah untuk hubungan internasional human relation, (3) strategi pencapaian standar RSBI ada tiga hal yang dinilai sangat strategis yaitu, seluruh aktivitas pendidikan mengacu pada visi-misi, peningkatan manajemen mutu pengelolaan sekolah, peningkatan manajemen mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 11 Jul 2022 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item