Komparasi Standard Setting dengan Menggunakan Metode Extended Angoff dan Metode Ebel untuk Penentuan KKM Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Jenjang SMP/MTs di Kabupaten Sleman

Anto, Susi (2013) Komparasi Standard Setting dengan Menggunakan Metode Extended Angoff dan Metode Ebel untuk Penentuan KKM Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII Jenjang SMP/MTs di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susi-anto-06701251017..pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan skor batas KKM dengan memanfaatkan metode-metode yang ada dalam standard setting. Metode yang digunakan adalah metode Extended Angoff dan metode Ebel. Kedua metode tersebut termasuk dalam kelompok metode penentuan cutscore berpusat pada perangkat tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang diperkuat dengan data-data kualitatif. Data-data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) SMP/MTs Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2011/2012 dan respon peserta didik atas soal UKK tersebut. Sementara data-data kualitatif sebagai data pendukung diperoleh dari penilaian ahli (expert judgement) yang selanjutnya digunakan untuk menentukan cut of score. Data set dalam penelitian ini berupa respon peserta didik SMP/MTs kelas VIII kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 3504 siswa. Siswa tersebut terdistribusi dalam 24 SMP/MTs yang dipilih mengikuti distribusi perolehan nilai UKK SMP/MTs kelas VIII kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012 bidang studi Matematika. Keputusan kelayakan butir untuk digunakan dalam penentuan cutscore ditentukan melalui analisis butir berdasarkan Teori Tes Klasik. Program yang digunakan untuk kepentingan itu adalah Item Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai KKM yang diperoleh dengan menggunakan metode Extended Angoff maupun Ebel masing-masing 59 dan 50,98 pada skala 100. Cutscore ini berbeda secara signifikan dengan KKM sekolah yang ditentukan dengan menggunakan metode konvensional. Berdasarkan analisis validitas standard setting, metode Extended Angoff memberikan hasil cutscore yang relatif lebih valid dibanding metode Ebel. Validitas standard setting yang diukur dalam penelitian ini adalah validitas internal yang meliputi method consistency, decision consistency, intra-judge consistency, dan inter-judge consistency.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Standard Setting, Metode Extended Angoff, Metode Ebel, Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), Validitas Standard Setting
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:23
Last Modified: 11 Jul 2022 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item