Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Daerah Istimewa Yogyakarta

Lastuti, Sri (2012) Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-lastuti-11701251010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi (1) dukungan context terkait terpenuhi tidaknya kebutuhan guru SD di DIY, (2) keterpenuhan input yang meliputi: latar belakang pendidikan mahasiswa, (3) kualifikasi pendidikan tutor, (4) ketersediaan sarana dan prasarana, (5) keterpenuhan process yang meliputi perencanaan satuan acara tutorial (SAT) dan rancangan aktivitas tutorial (RAT), (6) pelaksanaan tutorial, (7) penilaian tutorial, (8) keterpenuhan product yang meliputi prestasi akademik mahasiswa, (9) masa studi mahasiswa, dan (10) keterpenuhan outcome yang meliputi persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru (alumni PGSD UT) sebelum dan sesudah menempuh pendidikan S1 PGSD di UPBJJ UT DIY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPPO yang dimodifikasi dari model CIPP, meliputi evaluasi context, input, process, product dan outcomes, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa program studi S1 PGSD yang masih aktif mengikuti tutorial sejumlah 160 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik stratified proportional random sampling, 25 orang tutor dan 63 kepala sekolah dengan 181 guru alumni S1 PGSD UT yang dinilai. Pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan daftar cek. Validasi instrumen menggunakan validasi logis dengan pertimbangan ahli sedangkan perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan guru SD di DIY untuk sampel dari Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta belum terpenuhi sejumlah 905 tenaga guru SD (PNS). Latar belakang pendidikan mahasiswa sebagian besar berasal dari SLTA/SMA. Kualifikasi pendidikan tutor termasuk dalam kriteria baik. Ketersediaan sarana dan prasarana termasuk dalam kriteri cukup (belum memadai). Perencanaan tutorial dalam kriteria baik. Pelaksanaan tutorial dalam kriteria cukup. Evaluasi pelaksanaan tutorial dalam kriteria baik. IPK mahasiswa dalam kriteria memuaskan. Masa studi mahasiswa termasuk dalam kriteria pendek. Persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru (alumni PGSD UT) sebelum dan setelah lulus dari S1 PGSDUT DIY secara umum mengalami peningkatan termasuk dalam kriteria baik .

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pelaksanaan tutorial, program studi, PGSD, UT DIY
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 28 May 2016 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item