HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2012-2013

Rapih, Sapto W. (2014) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui hubungan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan (3) untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII Jurusan Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates tahun ajaran 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan expost-facto. Penelitian melibatkan seluruh siswa kelas XI dan XII Jurusan Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates Tahun Ajaran 2012-2013 dengan jumlah sebanyak 60 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mengenai status sosial ekonomi orang tua siswa (X1) dan Lingkungan sekolah (X2), serta variable terikatnya berupa Prestasi Belajar Siswa (Y). Data diperoleh berdasarkan hasil kuesioner atau angket untuk variable Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa dan Lingkungan Sekolah dan untuk variable Prestasi Belajar Siswa diperoleh berdasarkan dokumentasi nilai raport siswa. Angket yang diberikan kemudian dilakukan peskoran dengan menggunakan skala likert. Masing-masing alternative soal diberikan bobot skor sehingga data yang diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis korelasi dua variable dan analisis korelasi ganda (multivariate) dengan uji prasyarat analisis berupa normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat hubungan positif signifikan antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII jurusan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,861 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). (2)Terdapat hubungan positif signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII jurusuan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,745 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). (3)Terdapat hubungan postif signifikan secara bersama-sama antara status sosial ekonomi orang tua siswa dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII jurusan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,865 dan hasil uji signifikasi dengan nilai Fhitung sebesar 84,949 lebih besar dibanding dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 3,16. Kata Kunci : Status sosial ekonomi orang tua, Lingkungan sekolah, Prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:16
Last Modified: 29 Jan 2019 18:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item