PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Widiyatmoko, Widiyatmoko (2014) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) memperoleh gambaran tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu: kebiasaan belajar lingkungan keluarga, dan prestasi belajar SMK Muhammadiyah 1 Bantul; (2) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; dan (4) pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIprogram keahlian teknik audio video SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 62siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan analisa regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan bantuan SPSS dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 10,11% yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien korelasi rhitung 0,370 > rtabel0,211; (2) terdapat pengaruh positif antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif sebesar 16,69% yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien korelasi rhitung 0,475> rtabel 0,211; (3) terdapat pengaruh positif antara kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga terhadap siswa dengan sumbangan efektif sebesar 26,8% yang ditunjukkan dengan nilaikoefisien determinasi R2 sebesar 0,268. Kata kunci: kebiasaan belajar, lingkungan keluarga, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item