PENGARUH INTELEGENSI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DLINGO

Agus, Marwanto (2014) PENGARUH INTELEGENSI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DLINGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia-English.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat intelegensi, intensitas belajar dan hasil belajar TIK, (2) Pengaruh intelegensi terhadap hasil belajar TIK, (3) Pengaruh intensitas belajar siswa terhadap hasil belajar, (4) Pengaruh intelegensi dan intensitas belajar siswa terhadap hasil belajar TIK. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dlingo yang telah melakukan tes psikologi saat masih berada di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk variabel intensitas belajar serta dokumentasi untuk variabel intelegensi dan hasil belajar TIK. Uji validitas dilakukan dengan Judgement Experts dan teknik analisis Product Moment, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kecenderungan tingkat intelegensi siswa berada pada kategori rata-rata sebesar 60%, intensitas belajar siswa berada pada kategori tinggi sebesar 43%, dan hasil belajar TIK siswa berada pada kategori belum tuntas sebesar 59%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelegensi terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 9,1%, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 15%, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intelegensi dan intensitas belajar terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 23%. Kata kunci: intelegensi, intensitas belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Jul 2014 03:03
Last Modified: 21 Jul 2014 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item