PANDANGAN GURU PEMBIMBING TENTANG PERSIAPAN DAN PELAKSANAANPEMBELAJARAN MAHASISWA PPL UNY DI SMKN 2 YOGYAKARTA TAHUN 2013

Ramlan Arief, Fathony (2014) PANDANGAN GURU PEMBIMBING TENTANG PERSIAPAN DAN PELAKSANAANPEMBELAJARAN MAHASISWA PPL UNY DI SMKN 2 YOGYAKARTA TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak bahasa Indonesia.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yang pertama untuk mengetahui pandangan guru pembimbing tentang persiapan pembelajaran Mahasiswa PPL UNY di SMKN 2 Yogyakarta tahun 2013, dan yang kedua untuk mengetahui pandangan guru pembimbing tentang Pelaksanaan Pembelajaran Mahasiswa PPL UNY di SMKN 2 Yogyakarta tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing PPL di SMKN 2 Yogyakarta yang berjumlah 42 responden, dan seluruh anggota populasi dijadikan subyek penelitian. Untuk pengujian validitas instrument menggunakan bantuan expert judgement untuk menguji validitas konstruk dan korelasi product moment untuk menguji validitas empiris. Pengujian reliabilitas instrument menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan untuk kecenderungan dibedakan menjadi empat kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik. Pengolahan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS 20 for windows Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan guru pembimbing tentang persiapan pembelajaran mahasiswa PPL UNY di SMK N 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 57,15%. Sedangkan guru yang memberi pandangan baik sebesar 30,95%, guru memberi pandangan kurang baik sebesar 7,14%, dan guru memberi pandangan tidak baik sebesar 4,76%. Pandangan guru pembimbing tentang pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL UNY di SMK N 2 Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup baik dengan prosentase 47,62%. Sedangkan guru memberi pandangan baik sebesar 38,10%, guru yang memberi pandangan kurang baik sebesar 9,52% , dan guru yang memberi pandangan tidak baik sebesar 4,76%. Masih adanya pandangan yang kurang baik dan tidak baik menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan pembelajaran dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar kualitas pendidikan dapat menjadi semakin baik. Kata kunci : pandangan guru, mahasiswa PPL, Persiapan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Jul 2014 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item View Item