PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGOLAH ANGKA DENGAN MICROSOFT EXCEL 2007 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK

R. Wahyu, Sidiq P. (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGOLAH ANGKA DENGAN MICROSOFT EXCEL 2007 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak (bahasa Indonesia).pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran mengolah angka dengan Microsoft Excel 2007 pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIIII di SMP Negeri 1 Ngaglik, (2) menguji kelayakan modul pembelajaran mengolah angka dengan Microsoft Excel 2007 pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIIII di SMP Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode Brog & Gall. Langkah dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli, (4) revisi, (5) uji coba produk (skala kecil), dan (6) revisi akhir dan penyusunan laporan. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa SMP Negeri 1 Ngaglik. Untuk menentukan kelayakan dilakukan validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil menggunakan kuesioner. Teknik analisis data untuk kelayakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Menurut penilaian ahli materi, modul pembelajaran layak digunakan dengan persentase 85,33%. Menurut penilaian ahli media, modul pembelajaran layak digunakan dengan persentase 100%. Sedangkan menurut uji coba kelompok kecil, modul layak digunakan dengan persentase 82,18%. Dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran mengolah angka dengan Microsoft Excel 2007 layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngaglik. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, Microsoft Excel 2007, dan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 14 Jul 2014 02:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item