PENGARUH KEMANDIRIANBELAJAR, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 KLATEN

Aziz Sofian, Dahlan (2014) PENGARUH KEMANDIRIANBELAJAR, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KEMANDIRIANBELAJAR.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh kemandirian belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Klaten, (2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Klaten, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Klaten, (4) pengaruh kemandirian belajar, kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost- facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII SMK N 2 Klaten sebanyak 377 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 194 orang ditentukan dengan rumus Taro Yamane data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kemandirian belajar sebagian besar siswa (61,34) termasuk kategori cukup, kedisiplinan belajar sebagian siswa (62,37) termasuk kategori tinggi, motivasi belajar sebagian siswa (58,24) termasuk kategori cukup, dan kesiapan kerja sebagian siswa (85,05) termasuk kategori tinggi, (2) kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,312, (3) kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,173, (4) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,432, (5) kemandirian belajar, kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan koefisien korelasi sebesar 0,464 atau faktor determinasi sebesar 21,5%. Kata kunci: kemandirian, kedisiplinan, motivasi, dan kesiapan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 10 Jun 2014 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item