PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI JADWAL AKADEMIK BERBASIS YII FRAMEWORK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pradana , Setialana (2014) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI JADWAL AKADEMIK BERBASIS YII FRAMEWORK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia - Inggris.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan sistem informasi jadwal akademik Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta; (2) menguji kualitas perangkat lunak yang dikembangkan berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO 9126 yang mencakup aspek functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability dan portability. Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall dan peradigma pemrograman berorientasi obyek. Tahapan pertama pengembangan perangkat lunak adalah analisis kebutuhan. Tahapan kedua adalah desain yang mencakup pemodelan UML, ERD dan desain user interface. Tahap ketiga adalah implementasi yaitu dengan penulisan kode program dengan Yii Framework. Tahap keempat adalah pengujian dimana pengujian functionality mencakup uji fungsi software dan security dengan software Acunetix Web Vulnerability, pengujian reliability menggunakan software WAPT, pengujian usability menggunakan kuesioner USE, pengujian efficiency menggunakan GTMetrix, pengujian maintainability menggunakan Source Code SearchEngine dan pengujian portability menggunakan software BrowseEmAll. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian dapat diambil kesimpulan yaitu, (1) dihasilkan software sistem informasi jadwal Jurusan Pendidikan Elektronika UNY berbasis Yii Framework dengan model pengembangan waterfall dan paradigma pemrograman berorientasi obyek. Yii Framework mempercepat proses pengembangan software karena adanya extensions dan modul; (2) hasil pengujian perangkat lunak pada aspek functionality didapatkan hasil 100% fungsi software berjalan baik dan rendah adanya kerentanan (low vulnerability). Pengujian reliability didapatkan hasil 100%. Pengujian usability didapakan hasil 77,89%, pengujian efficiency didapatkan grade Page Speed yaitu A, grade YSlow yaitu B dan load time sebesar 1,64 detik. Pengujian maintainability didapatkan nilai maintainability index (MI) sebesar 70,03 (moderate maintable). Pengujian portability didapatkan software dapat berjalan di 8 web browser dekstop dan 8 web browser mobile tanpa terdapat error. Kata kunci: sistem informasi, website, jadwal akademik, yii framework, ISO 9126, functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, portability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 09 Jun 2014 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item