Pengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Pengadaan Bank Soal

Hayati, Nila (2013) Pengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Pengadaan Bank Soal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nila-hayati-11701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menghasilkan produk berupa butir-butir soal yang berkriteria baik yang dikembangkan dan disiapkan untuk bank soal. 2) untuk melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matematika SD yang dikembangkan untuk bank soal. Penelitian pengembangan ini melalui 8 tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, penelahaan soal atau analisis kualitatif soal, uji coba prapenelitian, analisis secara tes klasik, uji coba penelitian, kalibrasi soal, dan pengarsipan Bank Soal. Sampel siswa ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 258 orang siswa. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT_1 dan MAT_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT_1 dan perangkat tes MAT_2 diperoleh berturut-turut 29 butir dan 26 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Rerata tingkat kesukaran untuk perangkat tes MAT_1 dan MAT_2 masing-masing sebesar 0,5968 dan 0,473. Rerata daya beda perangkat tes MAT_1 dan MAT_2 masing-masing sebesar 0,623 dan 0,670. Fungsi informasi tertinggi perangkat tes MAT_1 sebesar 761,943 dengan SEM 0,036 pada kemampuan (θ) = 0,5, sedangkan perangkat tes MAT_2 sebesar 769,561 dengan SEM 0,036 pada kemampuan (θ) = 0,0. Konversi penyetaraan tingkat kesukaran butir MAT_1 ke MAT_2 dengan persamaan bY* = 0,715bX – 0,136. Konversi penyetaraan parameter daya beda butir perangkat tes MAT_1 ke perangkat tes MAT_2 adalah αy*= . Konversi kemampuan peserta yang mengerjakan perangkat tes MAT_1 dengan perangkat tes MAT_2 adalah θY* = 0,715θX – 0,136. Perangkat tes MAT_1 lebih sulit dari perangkat tes MAT_2. Ke-55 butir soal dari MAT_dan MAT_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputer.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Bank Soal, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jun 2014 04:08
Last Modified: 11 Jul 2022 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11135

Actions (login required)

View Item View Item