PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 3 YOGYAKARTA

Ahmad, Komaruzaman (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi_ahmad komaruzaman_10502241011(1).pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (4) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, fasilitas belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta yang diasumsikan berkarakteristik sama, dengan jumlah 199 siswa dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 131 siswa. Teknik Pengumpulan data untuk variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru, persepsi siswa tentang fasilitas belajar, dan motivasi belajar menggunakan angket, sedangkan variabel prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi hasil belajar semester gasal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana serta regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang metode mengajar guru (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 17,5%, (2) persepsi siswa tentang fasilitas belajar (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 22,9%, (3) motivasi Belajar (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 26,7%, dan (4) persepsi siswa tentang metode mengajar guru (X1), persepsi siswa tentang fasilitas belajar (X2), dan motivasi belajar (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, persepsi siswa tentang fasilitas belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 20 May 2014 07:34
Last Modified: 20 May 2014 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item