UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENEMUKAN SUKU KATA AWAL MELALUI METODE TANYA JAWAB DISERTAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AMONG PUTRA BANTUL

Hidayati, Idha (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENEMUKAN SUKU KATA AWAL MELALUI METODE TANYA JAWAB DISERTAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AMONG PUTRA BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
IDHA H.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Menemukan Suku Kata Awal Melalui Metode Tanya Jawab Disertai Gambar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam menemukan suku kata awal kelompok B TK Among Putra Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan kolaborasi. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Among Putra Bantul yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 16 anak perempuan dan 4 anak laki –laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan bahasa dalam menemukan suku kata awal pada anak kelompok B TK Among Putra Bantul. Tindakan yang dilakukan selama dua siklus telah meningkatkan kemampuan bahasa dalam menemukan suku kata awal yaitu sebanyak 60%, sebelum dilakukan tindakan hanya 35% dan setelah dilakukan tindakan menjadi 95%. Kata kunci : Kemampuan bahasa, menemukan suku kata awal, metode Tanya jawab disertai gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 14:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item