Evaluasi Dampak Kebijakan Pendidikan Gratis 12 Tahun Pada SMA, SMK dan MA di Kabupaten Sumbawa Barat

Ruswati, Lutpiah (2013) Evaluasi Dampak Kebijakan Pendidikan Gratis 12 Tahun Pada SMA, SMK dan MA di Kabupaten Sumbawa Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lutpiah-ruswati-11701251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak kebijakan pendidikan gratis 12 tahun yang dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat bagi pemerintah daerah, kepala sekolah, guru, dan wali murid serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan kebijakan pendidikan gratis. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi, menggunakan pendekatan diskriftif kuantitatif dengan model CIPP (context, input, process dan product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan populasi Sekolah SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Sumbawa Barat dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terdiri dari SMKN 1 Taliwang, SMKN Brang Ene, SMAN Jereweh, SMAN Brang Rea, SMAN Pototano, SMA Muhamadiyah, dan MAN Taliwang dengan responden 140 siswa, 70 guru dan 7 kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1). Hasil evaluasi konteks: respon masyarakat terhadap dampak kebijakan pendidikan gratis sangat positif tetapi partispasi masih rendah. 2). Input: dari data guru dan siswa sudah baik karena dilihat dari rasio siswa per guru dan kualifikasi pendidikan sebagian besar S1 sedangkan dari sisi ketersediaan sarana prasarana sekolah dalam kategori baik/ tinggi. 3). Proses: dari proses belajar mengajar ditemukan bahwa kinerja guru dengan responden siswa dalam kategori baik/tinggi, dan responden guru sangat tinggi sementara hasil temuan motivasi belajar siswa baik/ tinggi. 4). Produk: prestasi akademik siswa dilihat dari nilai UN siswa ditemukan dalam kategori baik/tinggi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa dengan adanya kebijakan pendidikan gratis 12 tahun dilihat dari respon masyarakat, kinerja guru, motivasi belajar siswa dan prestasi akademik siswa tidak menurun atau dalam kategori baik/tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, evaluasi CIPP, kinerja guru, motivasi belajar siswa, prestasi siswa
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 07:05
Last Modified: 20 Sep 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item