Evaluasi Implementasi Standar Penilaian pada Pembelajaran Batik Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Ismiyatun, Ismiyatun (2013) Evaluasi Implementasi Standar Penilaian pada Pembelajaran Batik Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismiyatun-11701251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas implementasi standar penilaian pendidikan pada pembelajaran batik sekolah menengah kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya tentang: (1) prinsip penilaian, (2) teknik dan instrumen penilaian, (3) mekanisme dan prosedur penilaian, (4) penilaian yang dilakukan oleh pendidik, (5) penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dan (6) penilaian yang dilakukan oleh pemerintah. Populasi dalam penelitian ini adalah lima SMK yang mengajarkan batik, yaitu: SMK Negeri 2 Sewon, SMK Negeri 5 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 2 Lendah, SMK Negeri 1 Kalasan, dan SMK Negeri 1 Kokap. Sumber data berasal dari kepala sekolah, guru yang mengajar batik, dan siswa kelas XI yang belajar batik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan dengan metode angket, dokumentasi, dan observasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Implementasi komponen prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran batik SMK di DIY hasilnya adalah baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 65,78%. (2) Komponen teknik dan instrumen penilaian hasilnya adalah baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 65,13%. (3) Komponen mekanisme dan prosedur penilaian hasilnya juga baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 60,96%. (4) Komponen penilaian oleh pendidik hasilnya baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 61,38%. (5) Komponen penilaian oleh satuan pendidikan hasilnya adalah sangat baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 84,27%. (6) Komponen penilaian oleh pemerintah hasilnya baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 73,33%. Keseluruhan hasil evaluasi implementasi standar penilaian pada pembelajaran batik SMK di DIY adalah baik dengan tingkat ketercapaian sebesar 68,43%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi standar penilaian, pembelajaran batik, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 07:04
Last Modified: 11 Jul 2022 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item