Evaluasi Program Diklat Peningkatan Kompetensi bagi Guru Taman Kanak-kanak di LPMP D.I. Yogyakarta

Atmanta, Dwi (2013) Evaluasi Program Diklat Peningkatan Kompetensi bagi Guru Taman Kanak-kanak di LPMP D.I. Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi atmanta-06701251043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan Program Diklat Peningkatan Kompetensi (DPK) Guru Taman Kanak-kanak di LPMP D.I. Yogyakarta yang meliputi : kesesuaian program dengan kebijakan pemerintah, persiapan penyelenggaraan diklat, proses pembelajaran diklat, dan tingkat keterpahaman peserta terhadap materi diklat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan model CIPP (Context Input Process Product). Evaluasi ini dilakukan secara formal melalui pengumpulan data dan mendeskripsikannya, serta dilanjutkan dengan kesimpulan yang didasarkan pada suatu kriteria yang telah ditetapkan. Tempat penelitian adalah LPMP D.I. Yogyakarta, dan subjek penelitian adalah seluruh guru TK yang mengikuti DPK, penatar, dan panitia diklat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan check list, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Check list digunakan untuk menilai kesiapan yang dilakukan oleh penatar dan panitia. Angket digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran serta observasi langsung baik pada persiapan maupun pada saat pembelajaran. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pelengkap. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan bantuan program excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan diklat kompetensi telah sesuai dengan peraturan pemerintah maupun renstra lembaga. Kriteria peserta diklat ditentukan bersama antara Dinas Pendidikan dan LPMP D.I. Yogyakarta sebagai dasar penentuan peserta diklat. Kemampuan awal peserta diklat hampir sebagian besar dalam kriteria cukup dan semua persiapan penyelenggaraan diklat dalam kriteria siap digunakan. Persiapan penatar dalam kriteria baik. Hal yang masih perlu ditingkatkan adalah penentuan pengaturan tempat duduk dan spesifikasi pendidikan penatar yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan diklat. Proses pembelajaran masih banyak menggunakan metode ceramah, sedangkan motivasi peserta dalam mengikuti diklat termasuk dalam kriteria tinggi. Materi diklat yang kurang dipahami peserta antara lain, sertifikasi guru TK, Bahasa Jawa TK, dan Psikologi Perkembangan. Tingkat kelulusan peserta 100 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: diklat kompetensi, evaluasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 07:04
Last Modified: 11 Jul 2022 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11124

Actions (login required)

View Item View Item