Analisis Hasil Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi SMA di Kota Serang

Mulyati, Budi (2013) Analisis Hasil Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi SMA di Kota Serang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-budi-muyati-11701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) kemampuan peserta didik di SMA negeri dan swasta saat ujian nasional (UN) mata pelajaran Ekonomi di kota Serang tahun ajaran 2011/2012, dan 2) pemanfaatan hasil UN mata pelajaran Ekonomi oleh guru Ekonomi di SMA negeri dan swasta di kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data daya serap UN mata pelajaran Ekonomi serta respon guru Ekonomi SMA negeri dan swasta di kota Serang terhadap kegiatan pemanfaatan hasil UN. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Daya serap mata pelajaran Ekonomi di SMA negeri dinilai sangat baik dengan rerata daya serap 76,91%, dan di SMA swasta dinilai baik dengan rerata daya serap 75,89%; tingkat daya serap materi Ekonomi dinilai baik dengan rerata daya serap 75,97% di SMA negeri, dan 70,58% di SMA swasta; tingkat daya serap materi Akuntansi sangat baik dengan rerata daya serap 78,78% di SMA negeri, dan 86,51% di SMA swasta; materi Akuntansi yang memiliki rerata daya serap rendah di SMA negeri dan swasta yakni indikator “mendeskripsikan laporan keuangan serta perhitungannya”; materi Ekonomi sulit di SMA negeri yakni “mendeskripsikan ekonomi makro dan mikro atau masalah yang dihadapi pemerintah di bidang keuangan”, “mendeskripsikan biaya peluang” dan mendeskripsikan indeks harga/inflasi”; materi Ekonomi sulit di SMA swasta yakni “mendeskripsikan indeks harga/inflasi, “mendeskripsikan bursa efek/mekanisme kerja bursa efek”, “mendeskripsikan APBN/APBD dan sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran pemerintah serta “mendeskripsikan cara pengembangan koperasi”. 2) Kegiatan pemanfaatan hasil UN oleh guru di SMA negeri relatif lebih baik dibanding SMA swasta, namun kegiatan pemanfaatan hasil UN oleh guru di SMA negeri dan swasta masih perlu ditingkatkan; bentuk kegiatan pemanfaatan hasil UN yang banyak dilakukan oleh guru adalah memperbanyak latihan soal dan melibatkan peserta didik dalam melakukan penilaian tugas-tugas dan latihan soal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 07:04
Last Modified: 11 Jul 2022 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item