UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Yuni, Kurniasih (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuni Kurniasih 10520241021.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data pengamatan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat dibandingkan dengan sebelum dikenai tindakan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 63% atau 20 siswa sudah mencapai KKM. Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 72,03. Hasil belajar pada siklus II sebanyak 100% atau 32 siswa sudah mencapai KKM. Ratarata nilai siswa pada siklus II adalah 82,66. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 8 Purworejo. Kata Kunci : motivasi belajar, hasil belajar, Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 May 2014 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item