Kontribusi Perangkat Pengajaran, Motivasi Belajar Siswadan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap ProsesPembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Ambon

Soumokil, Agustinus (2013) Kontribusi Perangkat Pengajaran, Motivasi Belajar Siswadan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap ProsesPembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Ambon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustinus soumokil-11701251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi perangkat pengajaran, motivasi belajar, pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) terhadap proses pembelajaranpada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran di SMA negeri Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode evaluasi.Populasi penelitian adalah 52 orang guru Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan SMA negeri Kota Ambon.Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dari para guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut.(1)Kontribusi perangkat pengajaran terhadap prosespembelajaran11,4%. (2)Kontribusi motivasi belajar terhadap prosespembelajaran29,8%. (3) Kontribusi pelatihan KTSP terhadap proses pembelajaran3,09%. Yang memberikan kontribusi paling besar yaitu motivasi belajar (29,8%) dan kontribusi yang paling kecil yaitupelatihan KTSP(3,09%). Saran yang diajukan dalam penelitian iniadalah;(1)mengingat pentingnya pelatihan KTSP maka diharapkan seorang guru memiliki aspek kemampuan profesi, kemampuan sosial dan kemampuan personal (pribadi) disinilah seorang guru lebih meningkatkan profesinya dalam mengikuti pelatihan KTSP dimaksud;(2)guru diharapkan mampu membuat perangkat pengajaran yang baik dan benar sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan terarah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 01:06
Last Modified: 18 Jul 2022 06:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item