Pelaksanaan Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Negeri 1 Turi dan SMP Negeri 3 Turi, Sleman

Supriyati, Upik (2013) Pelaksanaan Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMP Negeri 1 Turi dan SMP Negeri 3 Turi, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-upik-supriyati-07703259013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Negeri 1 Turi dan di SMP Negeri 3 Turi (2) faktor pendukung dan (3) penghambat pelaksanaan peran Komite Sekolah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian: Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru di SMP Negeri 1 Turi dan SMP Negeri 3 Turi. Metode dan alat pengumpulan data: (1) wawancara mendalam, (2) dokumen dan (3) pengamatan. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi teknik antara hasil wawancara dengan kajian dokumen yang ada, dan triangulasi sumber dengan subyek yang berbeda pada kajian yang sama. Analisa induktif dengan (1) kegiatan mereduksi data, (2) menampilkan data, dan (3) melakukan verifikasi untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan peran Komite Sekolah sebagai (a) Badan Pertimbangan adalah sebagai berikut. Komite Sekolah SMP Negeri 1 Turi mengusulkan peningkatan prestasi siswa, sarana pembelajaran dan kompetensi guru, sedangkan di SMP Negeri 3 Turi, menyampaikan aspirasi masyarakat pada penyusunan kurikulum sekolah. (b) Badan Pendukung, Komite Sekolah SMP Negeri 1 Turi, mengumpulkan dana untuk peningkatan pembelajaran bahasa Inggris dan kegiatan tambahan jam pelajaran siswa, pembangunan ruang penunjang pembelajaran, kompetensi guru serta pembinaan olahraga prestasi, sedangkan di SMP Negeri 3 Turi, untuk kegiatan tambahan jam pelajaran siswa dan pendidikan karakter bangsa, membangun pagar sekolah dan peningkatan mutu guru. (c) Badan Pengontrol, Komite Sekolah di SMP Negeri 1 Turi , mengevaluasi penggunaan dana masyarakat, memantau keterlaksanaan les mata pelajaran dan latihan berbagai lomba, sedangkan di SMP Negeri 3 Turi memantau pengelolaan administrasi keuangan. (d) Badan Penghubung, Komite Sekolah di SMP Negeri 1 Turi, menjelaskan bahwa pendidikan adalah tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, sedangkan di SMP Negeri 3 Turi, dalam mediasinya, memberi kesan bahwa pembiayaan pendidikan merupakan tanggungjawab pemerintah. (2) Faktor pendukung pelaksanaan peran Komite Sekolah yaitu (a) komitmen masyarakat pada pendidikan bermutu, (b) kualitas sumberdaya Komite Sekolah meliputi tingkat pendidikan yang dimiliki dan motivasi pengabdian. (3) Faktor penghambatnya yaitu (a) kualitas input siswa yang rendah (b). keterbatasan waktu kerja sebagai pengurus (c) pemahaman yang kurang sesuai tentang program sekolah dan tuntutan masyarakat tentang mutu sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peran Komite Sekolah
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 01:05
Last Modified: 05 Jan 2023 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11118

Actions (login required)

View Item View Item