Implementasi Penyelenggaraan International Organization for Standardization (ISO) 9001: 2008 dalam Bidang Mutu Layanan Administrasi Akademik di Universitas Negeri Yogyakarta (Berdasarkan Persepsi Karyawan Bagian Layanan Administrasi Akademik yang Melayani Administrasi Akademik dan yang Dilayani yaitu Persepsi Mahasiswa UNY

Triyanto, Triyanto (2013) Implementasi Penyelenggaraan International Organization for Standardization (ISO) 9001: 2008 dalam Bidang Mutu Layanan Administrasi Akademik di Universitas Negeri Yogyakarta (Berdasarkan Persepsi Karyawan Bagian Layanan Administrasi Akademik yang Melayani Administrasi Akademik dan yang Dilayani yaitu Persepsi Mahasiswa UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-triyanto-10703254024.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi karyawan subag pendidikan atau subag akademik terhadap implementasi ISO 9001: 2008 di Universitas Negeri Yogyakarta dan (2) faktor penghambat dan usaha-usaha yang dilakukan dalam implementasi ISO 9001: 2008 bidang mutu layanan administrasi akademik di UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2012 di UNY. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan subag pendidikan yang berjumlah 163 karyawan. Sampel sejumlah 96 karyawan ditentukan menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Sampel mahasiswa berjumlah 105 di enam fakultas dan pascasarjana ditentukan dengan teknik simple random sampling. Informasi dari karyawan untuk mengetahui faktor penghambat dan usaha yang dilakukannya. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Angket diujicobakan pada 30 karyawan dari FIP serta 90 mahasiswa FIP. Keabsahan menggunakan validitas isi dan reliabilitas dengan hasil reliabilitas untuk karyawan adalah 0,948, sedangkan mahasiswa yaitu 0,930. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan skor persepsi karyawan subag pendidikan dalam implementasi delapan prinsip ISO tersebut di tingkat UNY adalah 17.438 atau 78,98 % dan termasuk kategori baik, sedangkan skor persepsi mahasiswa 11.104 atau 68,23% serta berkategori baik. Berdasarkan delapan prinsip ISO 9001: 2008 yaitu (1) fokus pada pelanggan dengan skor 4.237 atau 80,25 berada dalam kategori baik %, sementara persepsi mahasiswa berkategori cukup dengan skor 3.557 atau 67,75%; (2) kepemimpinan masuk kategori baik dengan skor 4.509 atau 78,28%, sedangkan persepsi mahasiswa berada dalam kategori baik dengan skor 2.143 atau 68,03%; (3) pelibatan karyawan dengan skor 1.915 atau 79,79 % termasuk dalam kategori baik, sementara persepsi mahasiswa dengan skor 361 atau 68,76% dan berkategori baik ; (4) pendekatan proses termasuk dalam kategori baik, dengan skor 1.136 atau 78,89 %, sedangkan persepsi mahasiswa berkategori baik dengan skor 760 atau 72,38%; (5) pendekatan sistem pada manajemen termasuk dalam kategori baik dengan skor 1.062 atau 73,75 %, sementara persepsi mahasiswa dengan skor 746 atau 71,05 % serta berkategori baik; (6) pendekatan perbaikan berkesinambungan dengan skor 1.910 atau 79,58 % dan masuk dalam kategori baik, sedangkan persepsi mahasiswa dengan skor 1.742 atau 66,36% dan berkategori cukup; (7) pendekatan fakta dengan skor 1.865 atau 77,71%, serta dalam kategori baik, sedangkan persepsi mahasiswa dengan skor 747 atau 71,14% dan berkategori baik; (8) pemasok yang saling menguntungkan dengan skor 804 atau 83,75 % dan dalam kategori baik, sedangkan persepsi mahasiswa dengan skor 1.048 atau 66,54 % dan berkategori baik. Faktor penghambat terletak pada kebijakan pimpinan fakultas, ketersediaan dana, SDM, keterbatasan sarana dan prasarana, SIM dan SOP layanan administrasi. Solusi yang dilakukan adalah mempererat kooordinasi dan komunikasi dengan pimpinan, perawatan rutin sarana dan prasarana dan berpedoman pada buku panduan dan peraturan yang ada.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Karyawan, ISO 9001: 2008, Hambatan dan Solusi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 01:05
Last Modified: 08 May 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item