PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BOOK OF PHYSICS (PBOP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI UNTUK PLATFORM ANDROID

Luqman, Arumanadi (2014) PENGEMBANGAN APLIKASI POCKET BOOK OF PHYSICS (PBOP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI UNTUK PLATFORM ANDROID. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naska skripsi - pbop(1).pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Metode mobile learning melalui pembelajaran secara mandiri didukung multimedia yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja menggunakan smartphone atau tablet PC adalah salah satu metode belajar yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar fisika. Aplikasi Pocket Book of Physics (PBoP) adalah aplikasi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika SMA pada kelas XI yang dapat dijalankan pada smartphone atau tablet PC dengan platform android. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan aplikasi PBoP (2) mengetahui kelayakan aplikasi PBoP sebagai media pembelajaran (3) mengetahui hasil belajar sesudah menggunakan aplikasi PBoP. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Pengembangan prodruk terdiri dari 3 langkah utama, yaitu (1) Perencanaan meliputi : analisis masalah, analisis kebutuhan dan pengumpulan bahan, (2) Perancangan meliputi : pembuatan flowcharts, pembuatan storyboard, dan pembuatan rancangan tampilan, (3) Pengembangan meliputi : Pembuatan tampilan, penulisan code program, alpha-testing, revisi, beta-testing , revisi akhir, uji coba lapangan, Kelayakan aplikasi PBoP dinilai oleh tim ahli media, ahli materi dan siswa. Pengumpulan data hasil kelayakan dilakukan dengan menggunakan angket skala likert. Hasil belajar siswa ditentukan dengan menghitung ketuntasan hasil pre-test dan post-test melalui persentase siswa yang telah memperoleh nilai lebih dari 75. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilaksanakan, pada alpha-testing menurut Ahli media, aplikasi ini termasuk sangat layak dalam aspek rekayasa perangkat lunak (90,67%) dan sangat layak dalam aspek komunikasi visual (91,43%). Menurut ahli materi, aplikasi ini termasuk layak dalam aspek kebenaran konsep (80%), layak dalam aspek kedalaman materi (72,5%) dan layak dalam aspek keterlaksanaan (76,9%). Pada beta-testing menurut 30 responden siswa, aplikasi ini layak dalam aspek rekayasa perangkat lunak (77,6%), layak dalam aspek komunikasi visual (79,6%), dan layak dalam aspek pembelajaran (76%). Ketuntasan siswa setelah menggunakan media PBoP sebesar sangat baik (82,6%), dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi PBoP berdampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari materi energi, usaha dan daya pada mata pelajaran fisika. Kata kunci : media pembelajaran, fisika SMA, mobile learning, android, Research and Development

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 14 May 2014 06:39
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item