Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi dan Kedisiplinan Guru terhadap Kinerja Guru SMK di kota Magelang

Tokhibin, Tokhibin (2013) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi dan Kedisiplinan Guru terhadap Kinerja Guru SMK di kota Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tokhibin-11703254027.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinantransformasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru SMK di kota Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, dilakukan pada bulan Januari – Februari 2013. Responden penelitian adalah guru-guru SMK di kota Magelang sebanyak 92 orang. Pengumpulan data menggunakan angket terhadap guru. Pengujian validitas butir dilakukan dengan product momen pearson, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan metode Alfa-Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier dan ganda. Hasil analisis regresi linier sederhanamenunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah meningkatkan kinerja guru (sig =p< 0,05;R2yx1=15,2%); kompetensi guru meningkatkan kinerja guru(sig = p< 0,05;R2yx2= 51,8%); motivasi guru meningkatkan kinerja guru(sig = p< 0,05;R2yx3= 53,9%) dan kedisiplinan guru meningkatkan kinerja guru (sig = p< 0,05;R2yx1= 45,9%). Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru secara bersama-sama meningkatkan kinerja guru (sig = p< 0,05;Adjusted R2yx1,2,3,4=61,7%)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi guru, disiplin guru, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 01:04
Last Modified: 08 May 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item