Manajemen Pembelajaran S1 Keperawatan STIKES Yogyakarta

Kastuti, Teti Indriati (2013) Manajemen Pembelajaran S1 Keperawatan STIKES Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-teti-indriati-kastuti 11703254019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pembelajaran dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di S1 Keperawatan STIKES Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pembantu Ketua I, III, dosen, kepala bagian akademik, perpustakaan, laboratorium, dan mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Dalam hal perencanaan pembelajaran:1) rumusan kompetensi pendukung dan lainnya tidak terjabarkan dalam elemen kompetensi; 2) struktur kurikulum berdasarkan kelompok bahan kajian tidak terjabarkan ke dalam lima unsur kompetensi mata kuliah; 3) mata kuliah berdasarkan sistem, sehingga dalam proses pembelajaran memerlukan team teaching; dan 4) penilaian berdasarkan proses dan hasil. Dalam hal pelaksanaan pembelajaran: 1) dalam membina motivasi membelajarkan mahasiswa masih ada dosen yang mengajar berdasarkan mood, kurang respek dan pengontrolan diri; 2) bahan ajardimanfaatkan dengan baik untuk mencapai tujuan instruksional pembelajaran; 3) metode pembelajaran diarahkan untuk menciptakan kemampuan belajar secara mandiri dan berkelanjutan; 4) tersedianya media pembelajaran, tujuan belajar akan lebih mudah tercapai; 5) bimbingan dan konseling hanya terbatas saat pengisian KRS, mahasiswa wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan pengabdian kepada masayarakat;6) pengaturan kelas dari segi disiplin waktu, masih ada dosen yang sering mengganti jadwal dan tidak hadir. Dalam hal evaluasi pembelajaran: 1) evaluasi tujuan belum dilakukan dengan pertimbangan idealnya bedah kurikulum dilakukan setelah ada kelulusan mahasiswa; 2) penamaan mata kuliah IKD dengan penomoran 1 dan 2, yang menunjukkan prerequisite, namun kenyataannya tidak berhubungan;3) evaluasi dosen baru sebatas pelaksanaan administratif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum, pembelajaran, keperawatan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 May 2014 02:27
Last Modified: 02 Jan 2023 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item