Manajemen Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I (MAN Y I), Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II (MAN Y II) dan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III (MAN Y III)

Suhaemin, Suhaemin (2013) Manajemen Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I (MAN Y I), Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II (MAN Y II) dan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III (MAN Y III). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suhaemin-11703259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manajemen perpustakaan di tiga MAN Yogyakarta yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan (2) hambatan yang muncul dalam proses manajemen perpustakaan di tiga perpustakaan MAN Yogyakarta, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam manajemen perpustakaan di tiga MAN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi di perpustakaan MAN Y I, perpustakaan MAN Y II, dan perpustakaan MAN Y III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah warga madrasah MAN Y I, MAN Y II dan MAN Y III yang terdiri dari kepala madrasah, petugas perpustakaan, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perpustakaan di tiga MAN Yogyakarta meliputi: a. Perencanaan berupa pengadaan buku setiap tahun. b. Pengorganisasian perpustakaan MAN Y I berada di bawah wakamad humas, pengorganisasian perpustakaan MAN Y II berada di bawah wakamad kurikulum dan pengorganisasian perpustakaan MAN Y III berada di bawah kepala madrasah. c. Pelaksanaan mencakup pengadaan, pengolahan, pelayanan dan pembinaan. Pengadaan buku ketiga perpustakaan tersebut berasal dari dana DIPA dan Komite. Pengolahan dilakukan secara langsung ketika buku baru ada. Pelayanan ketika jam sekolah masuk dan pembinaan dilakukan oleh kepala madrasah langsung berupa teguran atau saran. d.Pengawasan dilakukan kepala madrasah langsung datang ke perpustakaan atau kepala madrasah minta laporan kepada petugas perpustakaan. Hambatan yang dihadapi yaitu, a) tenaga pustakawan kurang, b) sarana perpustakaan belum maksimal, c) honor tenaga perpustakaan kurang, d) minat baca dan kesempatan berada di perpustakaan kurang. Upaya dilakukan oleh ketiga perpustakaan tersebut, a) tenaga perpustakaan yang bukan dari jurusan perpustakaan dengan mengadakan diklat atau seminar tentang pengelolaan perpustakaan, b) sarana ruang baca yang kurang ditambah di luar ruang perpustakaan sebagai sarana ruang baca, c) honor pegawai yang belum UMR ditambah dengan uang lembur, d) minat baca siswa yang kurang, guru memberikan tugas kepada siswa yang bahan atau materinya hanya ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen perpustakaan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 May 2014 01:48
Last Modified: 03 Jan 2023 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11105

Actions (login required)

View Item View Item