Kontribusi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul

Andari, Sri (2013) Kontribusi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Wonosari, Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-andari-06703254006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kinerja guru, 2) motivasi kerja guru, 3) iklim kerja guru, 4) manajemen supervisi oleh kepala sekolah kepada guru, dan 5) pengaruh motivasi kerja, iklim kerja, dan manajemen supervisi terhadap kinerja guru sekolah dasar ( SD ) di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul Penelitian ini menggunakan metode expost facto. Penelitian ini dilakukandisekolah dasar di lingkungan Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Juli 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang ada di lingkungan Kecamatan Wonosari Kabupaten, Gunungkidul sebanyak 520 orang. Sampel sejumlah 78 guru ditentukan menggunakan teknikmulti stage random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen supervisi kepala sekolah tergolong sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan kontribusi 39,3%; 2) motivasi kerja tergolong sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan kontribusi 31,7%; 3) iklim organisasi tergolong sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan konstribusi 40,1%; 4) kinerja guru SD di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul tergolong sangat baik, dan 5) manajemen supervisi kepada sekolah, motivasi kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan konstribusi 59,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen supervisi kepala sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 30 Dec 2022 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item View Item