Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMAN di Kabupaten Bantul

Pamuji, Ratna Endah (2013) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMAN di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-endah-pamuji-11703254002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya sumbangan variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya sekolah secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa SMAN di Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek penelitian adalah para guru SMAN di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 372 orang dengan sampel sebanyak 193 orang yang dipilih berdasarkan teknik proporsional cluster random sampling. Instrumen pengumpul data berupa angket, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 95 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts’ judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan pearson product moment correlation. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 39.8%; (2) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 20.7%; (3) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan dari budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 38%; (4) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya sekolah secara bersama terhadap kedisiplinan siswa sebesar 52.6%. Hal ini berarti jika kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya sekolah ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap kedisiplinan siswa SMAN di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, budaya sekolah, kedisiplinan siswa
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2014 04:34
Last Modified: 08 May 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item