Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri Kota Yogyakarta

Syakir, Muh. Junaidi (2013) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Guru SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Muh_Junaidi_Syakir.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya organisasi, baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri, terhadap kompetensi guru (variabel terikat) menurut persepsi guru SMA Negeri kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini berjumlah 152 guru dari SMA negeri kota Yogyakarta yang dijadikan sampel penelitian.Dari populasi penelitian, 105 guru dijadikan sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5 %, sedangkan teknis analisis data menggunakan model regresi ganda. Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kompetensi guru dengan hasil R(1,2,3) = 0,342; F =4,448; df: 3: 101 = 2,694, sig 0,006< 0,05; sehingga F hitung > F tabel dan Sig. F < 5 %. Hasil uji t menunjukkan variabel X1 (kepemimpinan kepala sekolah) didapatkan t hitung lebih kecil dari t tabel (- 1,841 <1,659) dan signifikansi t lebih besar dari 5% (0,069 ˃ 0,05), maka secara parsial variabel X1 (kepemimpinan kepala sekolah) tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (kompetensi guru), uji t variabel X2 (motivasi kerja) didapatkan t hitung lebih kecil dari t tabel (1,352 <1,659) dan signifikansi t lebih besar dari 5% (0,179 ˃ 0,05), maka secara parsial variabel X2 (motivasi Kerja) tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (kompetensi guru), uji t variabel X3 (budaya organisasi) didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel (2,607 >1,659) dan signifikansi t lebih kecil dari 5% (0,011 <0,05), maka secara parsial variabel X3 (budaya organisasi) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (kompetensi guru). Dapat disimpulkan bahwa:Kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, disisi lain kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, walaupun demikian budaya organisasi secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2014 04:09
Last Modified: 08 May 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item