Manajemen Kurikulum Full Day School di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta

Herawati, Erna (2013) Manajemen Kurikulum Full Day School di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erna-herawati-11703254022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian dan evaluasi dampak penerapan kurikulum full day school di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta terhadap perilaku dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala urusan kurikulum, guru, staf administrasi dan siswa. Objeknya adalah manajemen kurikulum full day school di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Dalam hal perencanaan kurikulum: 1) sumber kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kemendikbud dan Kemenag; 2) sasaran dan tujuan kurikulum ditentukan melalui workshop di awal tahun ajaran dengan menganalisis muatan–muatan yang ada dalam kurikulum Kemendikbud dan Kemenag ditambah dengan kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu); 3) sarana dan prasarana cukup lengkap, pembiayaannya dikelola oleh Yayasan Konsorsium Mulia; 4) memadukan dua kurikulum yang berbeda tersebut disahkan terlebih dahulu di Kemendikbud; 5) model pembelajaran dibuat bervariasi sesuai kebutuhan siswa; 6) evaluasi kurikulum dilakukan oleh pengawas langsung dari Kemendikbud. Dalam hal pelaksanaan kurikulum: 1) sasaran dan tujuan kurikulum telah dipahami oleh seluruh tenaga pengajar dan karyawan; 2) pengelolaan pokok-pokok permasalahan tentang kurikulum dan kemajuan sekolah dilakukan pihak sekolah dengan koordinasi antara stakeholder melalui pertemuan rutin majelis taklim; 3) model pembelajaran yang digunakan sangat bervariasi; 4) sarana dan prasarana digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang studi; 5) evaluasi kurikulum dilakukan langsung oleh pengawas dari dinas. Dalam hal evaluasi kurikulum: 1) evaluasi terhadap pencapaian tujuan kurikulum dilakukan oleh kepala sekolah pada kegiatan yang bersifat akademik maupun non-akademik; 2) evaluasi terhadap penggarapan pokok-pokok permasalahan diamati melalui animo dan daya tampung yang diterima; 3) evaluasi penerapan model pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah dan guru; 4) evaluasi penggunaan sarana dan prasarana dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum full day school
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 May 2014 00:15
Last Modified: 02 Jan 2023 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item